7 Oktober 2014

Analisa Jurnal Pemodelan Wajah 3D Berbasis Foto Diri

,
Nama           : Putri Kurniawati
NPM            :55411649
Mata Kuliah : Desain Pemodelan Grafik
Kelas            : 4IA15  pengulangan di 3IA08

Pada kali ini, saya ingin menyampaikan analisa jurnal yang telah saya baca. Judul jurnal tersebut adalah Pemodelan Wajah 3D Berbasis Foto Diri Menggunakan Maya Embedded Language atau (MEL) Script. Penulisnya yaitu Yudi Prayudi dan Iwan Aprizal.

Jurnal ini membahas tentang pemodelan wajah yang akan dikonversikan dari bentuk 2D ke bentuk 3D. Namun, sampai saat ini belum adanya aplikasi yang dapat mengkonversi secara langsung. Untuk itu, penulis mengupayakan membuat mekanisme untuk mendesain karakter organik obyek wajah 3D. Bahasa pemrograman yang digunakan untuk membantu proses pemodelan adalah MEL Script dalam MAYA.

Proses pembuatan obyek wajah 3D menggunakan konsep dasar modelling 3D yang terdiri sebagai berikut:


Dalam jurnal ini juga memberikan pengertian serta keunggulan menggunakan bahasa pemrograman MEL Script dan aplikasinya yaitu MAYA. Metode pemodelan yang digunakan pada jurnal tersebut adalah Nurbs (Non-Uniform Rational Bezier Spline) modeling, polygon, serta subdivision.

Proses pembuatan modeling, di dalam jurnal ini menggunakan alur flowchart seperti gambar di bawah ini:



Adanya flowchart yang berdampingan dengan gambar prosesnya, membuat pembaca jelas dengan alur pembuatan modeling wajah 3D.

Implementasi dari jurnal ini berdasarkan proses perancangan yang telah dibuat, menghasilkan output obyek model gambar wajah 3D yang memiliki tingkat kemiripan source dengan foto diri. Jika ingin menambah proses finishing dapat menggunakan aplikasi lain selain MAYA yaitu photoshop.


0 komentar to “Analisa Jurnal Pemodelan Wajah 3D Berbasis Foto Diri”

Posting Komentar

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

About

powered by
Socialbar
 

Putri's Blog Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates