30 September 2014

Teori Pengantar Bisnis Informatika

,

Pengertian Bisnis

Bisnis dalam arti luas adalah istilah umum yang menggambarkan semua aktifitas dan institusi yang memproduksi barang dan jasa dalam kehidupan sehari-hari. Bisnis merupakan suatu organisasi yang menyediakan barang dan jasa yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan. [Griffin & Ebert]

Dari pendapat yang telah dipaparkan dapat ditarik kesimpulan bahwa bisnis adalah kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang (organisasi) yang menciptakan (create value) melalui penciptaan barang dan jasa untuk memnuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan dari kegiatan jual beli.

Aspek-Aspek Bisnis

  • Keuntungan individu dan kelompok
  • Penciptaan Nilai
  • Penciptaan Barang dan Jasa
  • Keuntungan melalui Transaksi

Fungsi Bisnis

  • Fungsi Mikro (Kontribusi terhadap pihak yang berperan langsung)
  • Fungsi Makro (Kontribusi terhadap pihak yang tidak berperan langsung)

Pengertian Informatika

Informatika merupakan disiplin ilmu yang mempelajari transformasi fakta berlambang yaitu data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi. Informatika mempunyai konsep dasar, teori, dan perkembangan aplikasi tersendiri. Informatika dapat mendukung dan berkaitan dengan aspek kognitif, sosial, maupun bisnis.

Peranan Teknologi Informasi di Bidang Bisnis

Teknologi Informasi memiliki peranan yang sangat penting dibidang bisnis baik perdangangan maupun jasa. Teknologi Informasi berperan untuk memasarkan barang dan jasa. Contoh pemanfaatan teknologi dibidang bisnis salah satunya adalah Sistem Informasi Manajemen. Sistem Informasi Manajemen merupakan sistem informasi yang mengelola proses bisnis pada perusahaan besar maupun menengah. SIM diterapkan pada semua tingkat atau level manajemen yang ada di perusahaan.

Kesimpulan

Jadi, bisnis informatika adalah penggabungan dari dua ilmu, yaitu ilmu manajemen dan ilmu informatika dimana proses manajemen membutuhkan informatika untuk membantu proses bisnis yang berlangsung. Jadi kedua saling berkaitan.

sumber:

0 komentar to “Teori Pengantar Bisnis Informatika”

Posting Komentar

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

About

powered by
Socialbar
 

Putri's Blog Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates