20 Maret 2013

Sejarah Web dan Perkembangannya

,
Anggota kelompok
Indra Septiawan Pamungkas (53411608)
Muhammad Junaedi Hilman (54411682)
M. Fajar R (54411822)
Putri Kurniawati (55411649)
G. Ricky Trainando (58411572)


Sejarah Web

Awal perkembangan web bermula ketika Sir Timothy Tim Berners-Lee  merasakan kesulitan untuk memperbarui informasi untuk rekan kerjanya. Pada tahun 1991, untuk pertama kalinya muncullah situs web yang tersambung dengan jaringan. Dari situlah MR.TIM dan CERN (tempat Sir Timothy bekerja) pada tahun 1993 akhirnya mengumumkan bahwa www dapat digunakan secara gratis oleh seluruh masyarakat dunia.

Situs web biasanya dapat berupa hasil kerja dari perorangan atau menunjukkan kepemilikan dari suatu organisasi, perusahaan. Sebuah situs web berisi pranala yang terhubung ke situs web lain, begitu juga dengan situs web lainnya. Hal itulah yang menjadi penyebab adanya perbedaan antara situs web yang dibuat oleh perorangan dengan situs web yang dibuat oleh organisasi.


1. Pre Web (Usenet, Gopher, FTP, Internet dan Memex)

Definisi Usenet

Usenet singkatan dari User Network merupakan sistem perangkat lunak yang membagikan artikel ke banyak sites diseluruh dunia. Usenet ini menggunakan teknologi UUCP dalam membagikan artikelnya. Artikel yang ada pada Usenet dapat disortir sesuai dengan topik yang sedang didiskusikan.


Definisi Gopher

Gopher adalah TCP/IP Application layer protokol yang dirancang untuk menyebarkan, mencari dan mengambil dokumen melalui internet. Sangat mengarah pada desain dokumen menu, pada tahap awalnya protokol Gopher disajikan desain menarik untuk alternatif World Wide Web, tetapi akhirnya gagal dalam mencapi popularitas.

Manfaat Aplikasi Gopher ini adalah para pengguna internet tidak perlu mengetahui alamat yang khusus pada komputer yang akan di akses. Ghoper dapat memungkinkan  user akan mengakses ke berbagai situs dunia. Selain itu, Ghoper juga dapat digunakan secara hirarki.

Definisi FTP

FTP sendiri merupakan singkatan dari File Transfer Protokol. Protokol FTP juga salah satu protokol yang paling awal dikembangakan oleh Abhay Bhushan sekitar tahun 1970-an.

Fungsi FTP itu sendiri adalah melakukan transfer file antara komputer yang terhubung dengan jaringan iternet. Dalam bahasa teknis, FTP diketahui sebagai protokol jaringan yang memungkinkan transfer file antara komputer yang tersambung pada TCP/IP yang berbasis jaringan. Hal ini mencakup serangkaian peraturan dan prosedur untuk transfer digital yang aman.

Definisi Internet

Internet merupakan jaringan komputer yang saling terhubung secara global atau mendunia. Karena terhubung secara global melalui jaringan, kita dapat saling bertukar data/informasi. Jaringan internet bekerja berdasarkan suatu protokol atau aturan. Aturan itu adalah TCP/IP, suatu protokol yang digunakan untuk menghubungkan jaringan-jaringan. Setiap komputer mempunyai suatu nomor unik yang kita ketahui dengan alamat IP.

Memex

Memex merupakan singkatan dari Memory Extender. Vannevar Bush adalah orang yang memberikan nama itu. Memex disebut-sebut sebagai pelopor dari teknologi hiperteks yang muncul dikemudian hari.

2. Web 1.0, Web 2.0, dan Web 3.0

  • Web 1.0 yang sejak tahun 1992 mulai mengenalkan berbagai web browser, serta mendorong perkembangan pemanfaatan Web sebagai penyedia informasi. Pada tingkat ini web masih bersifat read only.
  • Web 2.0 mulai menjadi trend pada tahun 1997, ini menambah sifat yang read only menjadi read write. Aplikasi berbasis Web semakin banyak diterapkan. Web dan jejaring sosial dimulai dengan lahirnya berbagai sarana seperti wikipedia, blog, friendster.
  • Web 3.0 merupakan rancangan untuk memperkaya Web 2.0, dimana pada Web 2.0 baru mencermati pertukaran data antara manusia, pada Web 3.0 pertukaran data antar manusia-mesin, mesin-mesin dan manusia-manusia disempurnakan.

Web Science dan Metodologi Web Science

Web science adalah ilmu pengetahuan untuk membuat dan memanipulasi web. Web adalah kumpulan halaman yang dapat menampilkan informasi berupa gambar, animasi, tulisan, suara maupun gabungan dari keseluruhannya yang bersifat statis atau dinamis yang dapat membentuk rangkaian yang saling terkait yang dihubungkan dengan banyak link.

Science adalah ilmu pengetahuan yang didapat dan bisa menjadi pengetahuan bagi masyarakat untuk memberi informasi yang akurat.
Web Science didirikan pada tahun 2006 dengan nama Web Science Research Initiative (WSRI). Web Sicence ini awalnya adalah hasil dari Memorandum of Understanding antara MIT CSAIL dan University of Southampton, ECS. Ambisinya adalah mengkoordinasi dan mendukung sentralisasi pembelajaran World Wide Web. Sejak pertama kali diluncurkan, konsep Web Science sudah menyebar secara meluas dan mengukuhkan diri sebagai area aktifitas yang penting.

Aktifitas WSRI fokus pada (i) artikulasi agenda penelitian untuk komunitas scientific, (ii) mengkoordinasi pengembangan materi pembelajaran Web Science dan (iii) mengikat pemikiran tentang kepeminpinan pada sektor yang berkembang ini.
Untuk melanjutkan aktifitasnya dan mendukung pengembangan Web Science secara global, para direktur WSRI membuat badan amal-the Web Science Trust (WST).

WST berkerja sama dengan World Wide Web. Golnya adalah untuk mendorong partisipan luas dalam pengembangan Web Science. the Foundation mempunyai misi untuk meningkatkan Web. the Trust dan the Foundation mempunyai kesamaan komitmen untuk melanjutkan disiplin dari Web Science dan akan bekerja bersama pada beberapa proyek yang memperbaiki pengertian tentag Web Science dan mempromosikan dampak positif Web Science pada masyarakat luas.

Web Science itu sendiri terdiri dari beberapa gabungan disiplin ilmu pengetahuan dapat dilihat pada gambar di bawah ini :

Dari gambar diatas , terdapat banyak sekali macam-macam ilmu pengetahuan yang saling berkaitan dengan Web atau jaringan. Jenis-jenisnya adalah sebagai berikut :

1. Web Engineering
2. Artificial Intelligence
3. Mathematics
4. Psychology
5. Biology
6. Ecology
7. Sociology
8. Socio Culture
9. Law
10. Economics
11. Media.

Semantic Web



Semantic web merupakan pengembangan dari World Wide Web. Pendekatan semantic web mengembangkan bahasa untuk mengekspresikan informasi dalam bentuk yang dapat diproses oleh mesin (machine processable). 

Semantic Web terdiri dari seperangkat prinsip-prinsip desain, kelompok kerja kolaboratif, dan berbagai teknologi. Istilah Web Semantik itu sendiri diperkenalkan oleh Tim Berners-Lee, penemu World Wide Web. Sekarang, prinsip web semantik disebut-sebut akan muncul pada Web 3.0, generasi ketiga dari World Wide Web.

Web Semantik merujuk kepada keahlian aplikasi komputer untuk lebih mengerti bahasa manusia, bukan hanya bahasa yang baku dari para pemakainya tetapi juga bahasa yang lebih rumit, seperti dalam bahasa percakapan sehingga memudahkan si pemakai itu untuk berkomunikasi dengan mesin. Web Semantik dapat mengolah bahasa dan mengenali homonim, sinonim, atau atribut yang berbeda pada suatu database.



Daftar Pustaka :
http://id.wikipedia.org/wiki/Situs_web
http://loveallahforever.blogspot.com/2010/10/usenet.html
http://lady-april.blogspot.com/2011/01/pengertian-gopher.html
http://ilmuti.org/2012/11/pengertian-ftp-dan-fungsi-ftp-serta-cara-kerja-ftp-dan-aplikasinya/
http://www.g-excess.com/297/gopher-adalah-program-berbasis-teks-yang-digunakan-untuk-mem-browser/
http://kuliah.imadewira.com/definisi-internet-dan-sejarah-internet/
http://rifkiaditya.wordpress.com/2013/03/30/all-about-web-science/
http://safemode.web.id/artikel/teknologi/pengertian-web-sciencehttp://www.weblog.web.id/2012/08/pengertian-internet-jaringan-komputer.htmlhttp://internet.artikel2.com/browser.htm
http://www.worldfriend.web.id/pengertian-web-server
https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=4&cad=rja&sqi=2&ved=0CE8QFjAD&url=http%3A%2F%2Fbuset.staff.gunadarma.ac.id%2FDownloads%2Ffiles%2F15813%2Fsemantic-web.pdf&ei=bXJWUfGtHMrhrAfmhYHYCQ&usg=AFQjCNG0pe61vzEik8vNTr-CBYPt6DWAIg&sig2=M5xQTipxfGv7L2Km2nQ4CA&bvm=bv.44442042,d.bmk
http://ewawan.com/pengertian-semantic-web-definisi-semantic-web.html

2 komentar to “Sejarah Web dan Perkembangannya”

Posting Komentar

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

About

powered by
Socialbar
 

Putri's Blog Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates