30 April 2014

Ringkasan Jurnal Pembuatan Game Puzzle Gambar

,
PEMBUATAN GAME PUZZLE GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR MENGGUNAKAN GAME MAKER

1. PENDAHULUAN
Perkembangan ilmu teknologi hari demi hari semakin menunjukkan perkembangan teori-teori baru diberbagai bidang, teknologi game adalah salah satunya. Pada sekitar tahun 2000-an permainan yang dikenal
dengan sebutan game PlayStation menjamur di daerah perkotaan hingga sebagian pedesaan di kawasan Indonesia, game ini hanya bisa dimainkan oleh satu atau dua orang pemain saja pada sebuah console. Pesawat televisi diperlukan sebagai media output atau tampilan. Beraneka macam genre game dapat dimainkan di perangkat PlayStation. Tetapi sayangnya kebanyakan game-game yang beredar dan terkenal dewasa ini hanyalah menonjolkan manfaat dan tujuan sebagai media untuk hiburan semata. Dan
kebanyakan anak–anak, remaja bahkan dewasa menjadikan game sebagai pelepas penat, sebagai hiburan ditengah kesibukan. Kebanyakan dari Gamers/seorang yang sering memainkan sebuah game, menyukai game-game petualangan, pertarungan, tembak-tembakan, teka-teki dan lainya. Selain sebagai sarana
hiburan biasanyajuga menjadikan permainan untuk tujuan komersial. Biasanya hal ini berlaku untuk dunia game online. Puzzle dibuat pada dasarnya untuk melatih kecerdasan dalam menyelesaikan masalah. Game
puzzle akan selesai dengan sendirinya tanpa terkait dengan sebuah cerita, yang terdapat pada jenis game lainnya. Permainan ini tentu permainan yang sudah dikenal semua orang, bahkan mungkin di seluruh dunia. Tua, muda, besar, kecil semua menyukainya, bahkan permainan ini hadir dalam berbagai bentuk dan versi. Bahkan anda bisa menemukan puzzle dengan jumlah kepingan yang fantastis, hingga mencapai ribuan keping
gambar. Tentunya bukan perkara mudah untuk menyusun puzzle yang seperti ini. Permainan ini membutuhkan ketelitian yang sangat tinggi. Karena dalam permainan ini kita harus berkonstrasi untuk meyusun kepingan-kepingan gambar yang sebelumnya disusun secara acak, dan kemudian menyusunnya
kembali agar menjadi sebuah gambar yang utuh dan lengkap.

2. LANDASAN TEORI
a. Perangkat Lunak (Software)
Software adalah perintah (program komputer) yang bila dieksekusi memberikan fungsi dan unjuk kerja yang diinginkan. Struktur data yang memungkinkan program memanipulasi informasi secara proporsional dan dokumen yang menggambarkan operasi dan kegunaan program (Pressman, 2002). Software memiliki dua peran, di satu sisi berfungsi sebagai sebuah aplikasi dan di sisi lain sebagai pengontrol pembuatan sebuah aplikasi. Sebagai produk, software berlaku sebagai perhitungan yang dibangun oleh komputer. Sedangkan peran sebagai pengontrol, software berlaku sebagi dasar untuk kontrol komputer (sistem operasi), komunikasi informasi (jaringan), dan penciptaan serta kontrol dari program-program lain.
b. Perancangan Sistem
Menurut Kadir (2003) tahapan perancangan sistem dibagi menjadi 2 bagian, yaitu :
1. Perancangan Basis Data.
Perancangan basis data merupakan langkah untuk menentukan basis data yang diharapakan dapat mewakiri
seluruh kebutuhan pengguna. Penyusunan basis data berdasarkan kamus aliran data yang telah dibuat pada tahapan sebelumnya.
Perancangan basis data terdiri atas perancangan basis data secara konseptual, perancangan basis data secara logis, dan perancangan basis data secara finis.

0 komentar to “Ringkasan Jurnal Pembuatan Game Puzzle Gambar”

Posting Komentar

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

About

powered by
Socialbar
 

Putri's Blog Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates