8 Juni 2013

Perilaku Manusia Terhadap Web

,

1. Web dan Perilaku Pengguna (Interaksi Manusia dan Komputer)

Perbandingan dua website penyedia informasi berita

Web berita atau situs Portal Berita Online merupakan penyedia informasi yang memberitakan peristiwa di dalam maupun di luar negeri dengan berbagai macam kategori. Berikut ini adalah poin-poin kelebihan web berita dalam hubungannya dengan perilaku manusia.

Perilaku Navigasi

Web berita memiliki fitur-fitur yang memudahkan pembacanya untuk berinteraksi dengan web itu sendiri. Biasanya di dalam web berita banyak iklan yang menawarkan produk makanan, banking, dan lain sebagainya. Hal inilah yang menjadi keunggulan web berita itu sendiri. Selain menyajikan informasi, dengan web berita juga dapat menawarkan iklan yang menarik. Sehingga pembaca dapat menjadi konsumen dari produk yang ditawarkan.

Perilaku Pencarian

Pencarian informasi yang pada web berita semakin menambah ketergantungan manusia dengan situs Portal Berita Online. Di dalam web berita sudah tersedia kategori-kategori berita yang dapat langsung di pilih. Kenapa ya? Karena pembaca dapat langsung memilik kategori yang disukai tanpa repot-repot memilah banyak berita yang tersedia.

Dalam kasus seperti yang diatas, kita membandingkan 2 situs berita, dimana kita melihat dari kategori dan pencarian yang ada di dalam web tersebut.



2. Web dan Perilaku Sosial

Web Merefleksikan perilaku sosial

Web berita merefleksikan perilaku sosial masyarakatnya. Web berita online biasanya lebih cepat atau up to date dalam menyampaikan berita terbaru. Masyarakat/pembaca yang membuka web berita itu pun lebih cepat untuk mengetahui peristiwa yang baru terjadi.

Web Mempengaruhi Perilaku Sosial

Web sebagai salah satu bentuk teknologi dan informasi yang populer menjadi salah satu pemicu yang mempengaruhi perilaku sosial. Dampak dari web berita itu sendiri yaitu menambah ilmu pengetahuan dan juga mengetahui informasi yang cepat dan akurat. Tetapi adanya pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, berita yang disampaikan, bisa menjadi pemicu demonstrasi atau aksi-aksi yang anarkis.

3. Dampak Ekonomi dari Pengaruh Web

Iklan

Iklan atau dalam bahasa Indonesia formalnya pariwara adalah promosi benda, jasa, tempat usaha dan ide yang harus dibayar oleh sebuah sponsor. Pemasaran melihat klanik sebagai bagian dari strategi promosi secara keseluruhan.

Adanya iklan di dalam web, semakin memudahkan masyarkat untuk mengenal produk/jasa yang kita tawarkan. Kita tidak perlu menambah biaya untuk membuat brosur, spanduk atau sebagainya, tetapi dengan mengeluarkan biaya untuk pemasangan iklan di web, produk/jasa kita akan tersebar ke seluruh negeri maupun ke luar negeri. Lebih berhemat bukan?

Penjualan Online

Penjualan online adalah kegiatan penjualan barang, jasa atau tempat yang dilakukan secara online atau yang berlangsung di dunia maya. Sangat efektif dan efisien bilamana penjualan online dijadikan terobosan sebuah metode baru bagi perusahaan untuk mengembangkannya.

Di dalam penjualan online, pembeli dan penjual sama-sama diuntungkan. Dari pihak pembeli, tidak perlu lagi pergi ke mall atau ke tempat perbelanjaan cukup dengan membuka web. Selain itu, pembeli juga dapat mengaksesnya selama 24 jam untuk melihat-lihat kondisi barang/jasa yang ditawarkan. Sedangkan dari pihak penjual, tidak perlu lagi mengerluarkan biaya untuk penyewaan toko. Cukup dengan membuat web atau membuka iklan di dalam web.

Selain memberikan keuntungan, penjualan online juga dapat dijadikan modus penipuan. Dari penjualnya yang menipu maupun pembelinya. Oleh sebab itu, hati-hati dalam memilih penjual dari barang. jasa itu sendiri. Juga untuk para penjual, lebih teliti lagi dalam mencari konsumen.

Daftar Pusaka

http://www.bingkaiberita.com/website-berita-terpopuler-di-indonesia/
http://www.detik.com/
http://kompas.com/
aisyahasmoro.blogspot.com/2013/06/web-dan-perilaku-pengguna-imk-web-dan.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Iklan
http://id.shvoong.com/books/guidance-self-improvement.1968277-penjualan-online#ixzz2WO1DhPlg

0 komentar to “Perilaku Manusia Terhadap Web”

Posting Komentar

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

About

powered by
Socialbar
 

Putri's Blog Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates