16 April 2012

Keindahan

,
Keindahan berasal dari kata indah yang berarti bagus, permai, cantik, elok dan sebagainya. Benda yang memiliki sifat indah adalah segala hasil seni, pemandangan alam, manusia dan sebagainya. Keindahan juga bersifat universal yang artinya tidak terikat oleh sesuatu.


A. Keindahan dan Estetika

Istilah estetika dipopulerkan oleh Alexander Baumgarten (1714-1762). Saat itu, istilah estetika digunakan untuk membedakan antara pengetahuan intelektual dengan pengetahuan indrawi.

1. Konsep Keindahan
 Keindahan memiliki aktivita kebaikan didalamnya. Plato menyebutkan tentang perilaku yang indah dan penegak keadilan yang indah, sedangkan Aristoteles merumuskan keindahan sebagai sesuatu yang baik dan juga menyenangkan.


2. Estetis dan Estetika
 Membahas mengenai kenindahan pati akan menyangkut dengan estetis.Keindahan secara luas menyangkut benda-benda yang dihayatinya. Sedangkan keindahan secara sempit menyangkut benda-benda yang dihayati melalui indera. Ciri-ciri umum yang ada pada semua benda dianggap indah dan kemudian menyamakan ciri-ciri atau kwalita hakiki itu dengan pengertian keindahan. Ciri umum tersebut adalah sejumlah kwalita yang secara umum disebut unity, harmony, symmetry, balance dan contrast. Ciri-ciri tersebut dapat dinyatakan bahwa keindahan merupakan satu cermin dari unity, harmony, symmetry, balance dan contrast dari garis, warna, bentuk, nada dan kata-kata.

 
3. Sifat keindahan






Keindahan dapat dinilai dari sifat seseorang. Namun, keindahan pertama kali ditentukan dari peerbuatan yang diciptakan oleh manusia tersebut, entah menghasilkan situasi yang harmonis, dan kesatuan. Sementara atau dalam hukum bernegara sifat keindahan lahir dari aturan-aturan, kesimetrisan, dan perbedaan yang ada.

B. Keindahan dan Kebudayaan
Kebudayaan tercipta karena kebiasaan sehari-hari yang dilakukan oleh masyarakat setempat. Nilai-nilai kebudayaan yang terlahir itu menciptakan keindahan tersendiri yang dimiliki oleh setiap masyarakat. Hal inilah yang menjadi daya tarik oleh masyarakat luar.

1. Hubungan dengan Kebudayaan
Kebudayaan yang diciptakan oleh masyarakat setempat menjadi suatu keindahan yang begitu berharga. Hal ini bisa dijad

2. Keindahan dalam Kebudayaan
Keindahan dalam kebudayaan lahir dari sifat dan perilaku yang dicerminkan setiap orang.karena di setiap perbuatan yang dilakukan manusia mengandung estetika,dan keindahan itu sendiri yang mewakili sifat dan perilaku dari manusia tersebut.





C. Keindahan dan Karya Cipta
 
1. Kontemplasi dan Ekstasi
Kontemplasi adalah pandangan yang melihat jauh ke depan demi mendapatkan arah dan kemungkinan tindakan lain (antisipasi) untuk lebih bermakna. Kontemplasi adalah suatu tindakan untuk memahami penuh suatu hal. Sedangkan Ekstansi adalah dasar yang dimiliki oleh setiap jiwa masing-masing untuk menyatakan, merasa, dan menikmati sesuatu yang indah. Setiap manusia memiliki nilai ekstansi yang berbeda-beda. Apabila kontemplasi dan ekstansi itu dihubungkan dengan kreativitas, maka kotemplasi itu adalah faktor untuk menciptakan keindahan.

2. Keindahan, Keserasian, dan Kehalusan
Manusia pada umumnya memiliki sifat kontemplasi dan ekstasi yang mempengaruhi kehidupan manusia tersebut,sehingga dapat tercermin keserasian,kehalusan,dan keindahan yang dipancarkan dari manusia tersebut dalam melakukan aktifitas sehari-hari.

3. Kreatifitas dan Karya Cipta
Setiap orang memiliki tingkat kreatifitas yang berbeda-beda. Kreatifitas yang tinggi akan menciptakan karya cipta yang luar biasa.

4. Pengaruh Keindahan pada Jiwa
Keindahan dapat mempengaruhi setiap manusia. Keindahan dapat meningkatkan semangat hidup untuk berkarya dan juga menghasilkan kesehatan jasmani dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

0 komentar to “Keindahan”

Posting Komentar

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

About

powered by
Socialbar
 

Putri's Blog Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates