9 Maret 2012

Manusia dan Kebudayaan

,

  • Definisi Manusia
Manusia adalah mahluk paling sempurna yang pernah diciptakan oleh Allah SWT. Kesempurnaan yang dimiliki oleh manusia merupakan suatu konsekuensi fungsi dan tugas mereka sebagai khalifah dimuka bumi ini.




  • Definisi Kebudayaan
Kebudayaan yaitu sistem pengetahuan yang meliputi sistem ide gagasan yang terdapat di dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari kebudayaan itu bersifat abstrak. Sedangkan perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya, berupa perilaku dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi social, religi seni dan lain-lain, yang kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat.




  • Hubungan Manusia dan Kebudayaan
Sekelompok manusia yang tinggal di suatu daerah tertentu disebut masyarakat. Berbicara tentang masyarakat, maka kita akan berbicara tentang kebudayaan suatu wilayah. Karena bagaimanapun, sebuah komunitas manusia yang membentuk suatu kelompok pasti akan berkreasi dan berinteraksi. Interaksi inilah yang menghasilkan suatu kebudayaan di wilayah tertentu. Kebudayaan merupakan sarana bagi manusia untuk memperoleh apa yang disiapkan oleh alam. Alat-alat teknologi yang digunakan oleh manusia misalnya merupakan tidak hanya ekspresi daya cipta manusia, tetapi juga sarana untuk memenuhi kebutuhan hidup.






sumber: http://exalute.wordpress.com/2009/03/29/definisi-kebudayaan-menurut-para-ahli/
http://www.membuatblog.web.id/2010/02/pengertian-hakikat-manusia.html
http://www.anneahira.com/definisi-masyarakat.htm
http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=26&cts=1331281489188&ved=0CEgQFjAFOBQ&url=http%3A%2F%2Frepository.binus.ac.id%2Fcontent%2FO0042%2FO004292585.ppt&ei=4b1ZT_GKCYrTrQfIs-njDw&usg=AFQjCNEIU4d0PaZTxn3W_vzvHcV7iuSrdw&sig2=QZgT-UGa1qwYUJOx4KVxUQ

0 komentar to “Manusia dan Kebudayaan”

Posting Komentar

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

About

powered by
Socialbar
 

Putri's Blog Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates