3 Desember 2011

Dampak Negatif Social Network di Indonesia

,

Kalian tau kan artinya social network? Social network adalah merupakan sebuah bentuk layanan internet yang ditujukan sebagai komunitas online bagi orang yang memiliki kesamaan aktivitas, ketertarikan pada bidang tertentu, atau kesamaan latar balakang tertentu. Social networking lazim disebut sebagai jaringan pertemanan. Adanya jejaring pertemanan ini, berfungsi untuk berkomunikasi secara tidak langsung dan juga bisa di lakukan tanpa mengenal jarak dan waktu.

Namun, akhir-akhir ini kita bisa merasakan dampak negatif yang ditimbulkan oleh situs-situs jejaring sosial. Mulai dari perubahan perilaku sosial sampai adanya kasus kriminalitas yang ditimbulkan dari jejaring sosial.

Seperti yang dialami oleh Devi Permatasari siswi SMP 28 Bandung, ia dibawa kabur oleh seorang pria yang mengaku bernama Reno yang dikenalnya lewat situs pertemanan Facebook. Untungnya, 15 hari kemudian devi bisa ditemukan dan dikembalikan kepada orang tuanya. Kini tersangka Taufik Hidayat yang melakukan penculikan terhadap Devi ditahan di Mapolsektabes Lengkong, dan diancama hukuman 15 tahun penjara.

Tidak hanya itu, adanya group "Persatuan Tawuran Pelajar Indonesia" di jejaring sosial facebook menyebabkan tewasnya Rival ES -pelajar SMK Negeri 1 Jakarta- akibat dikeroyok rombongan yang tergabung dalam kelompok Kebon Jeruk (Bonjer) 5.

Hal ini semakin memprihatinkan dunia pendidikan Indonesia. Peran orang tua serta masyarakat perlu ditingkatkan lagi untuk mencegah terjadinya kasus kriminalitas seperti ini.

Sumber:
http://nasional.kompas.com/read/2010/10/21/16323750/Korban.penculikan.Trauma.Pakai.Facebook
http://megapolitan.kompas.com/read/2011/12/02/11213271/Saling.Ejek.di.Facebook.Berlanjut.Perang.di.Jalan

0 komentar to “Dampak Negatif Social Network di Indonesia”

Posting Komentar

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

About

powered by
Socialbar
 

Putri's Blog Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates